Prof. Karta Jayadi Wakili Rektor UNM Buka Pameran Karakter “Funtastic 4: Fun dan Fantasi”.

(FSD-UNM) Sejak tahun 2016 hingga 2023, Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM telah gigih mempertahankan dan mengembangkan tradisi yang begitu istimewa, dikenal dengan nama “KARAKTER.” KARAKTER, yang merupakan kepanjangan dari Karya Akhir Semester, adalah sebuah kegiatan akademis yang secara rutin diadakan setiap akhir semester di Fakultas Seni dan Desain. Pameran ini berlangsung selama beberapa hari kedepan Selasa – Jum’at (5-8/12/2023)

Turut hadir pada pembukaan pameran Wakil Rektor 2 UNM Prof. Karta Jaya, M.Sn., Dekan Fakultas Seni dan Desain Dr. Tangsi M.Sn., Para Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi, Kepala Laboratorium Dosen Senior FSD Prof. Sofyan Salam, Prof. Azis Ahmad serta Dosen dan Mahasiswa FSD.

Karta Jayadi dalam sambutannya sebelum membuka pameran menyampaikan apresiasia atas pelaksanaan kegiatan yang luar biasa di FSD. Lanjut Karta Jayadi “kegiatan seperti ini perlu di lestarikan dan dikembangkan, karena acara seperti ini, di jaman kami belum ada”. Mahasiwa FSD harus tampil percaya diri sesuai dengan stail dan kemampuannya diberbagai bidang yang ada, karena itu merupakan harga diri bagi mahasiswa. Ungkap Mantan Dekan FSD 2 Periode yang digadang-gadang bertarung pada pemilihan Rektor UNM akan datang.

Dekan FSD Dr. Tangsi M.Sn, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini tidak hanya sebuah pameran semata, tetapi sebuah wadah bagi mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui berbagai bentuk seni, termasuk pameran, pementasan, pertunjukan, dan pasar seni. Dalam tradisi KARAKTER, setiap mahasiswa Fakultas Seni dan Desain, dari Program Studi Seni Rupa, Sendratasik, Desain Komunikasi Visual, dan Seni Tari, berkesempatan untuk menampilkan hasil karya akhir semester mereka. Ungkapnya

Adapun karya-karya akhir semester yang ditampilkan sebagai berikut:

  1. Pameran fotografi karya dosen
  2. Pertunjukan musik tradisional sul-sel, musik daerah, pertunjukan tari, pertunjukan pemeranan, penyutradaraan, dan teater tradisi sulawesi selatan.
  3. Pameran karya ilustrasi, desain produk cetak grafika “zine book”, komik, tipografi, desain grafis lingkungan, poster periklanan, desain grafis komputer, nirmana dwimatra, desain karakter, gambar model, seni lukis realis, gambar ornamen, gambar suasana, logam
  4. Pemutaran film ANIMASI karya mahasiswa dan STAND KEWIRAUSAHAAN.

Dr. Irfan Arifin, S.Pd., M.Pd selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan bahwa, tahun ini, tema yang diusung adalah “Funtastic 4: Fun & Fantasi”. Tema ini dipilih untuk menciptakan sebuah pagelaran yang menggabungkan unsur kesenangan (fun) dan fantasi sebagai inti dari pengembangan ide acara. Pameran ini menjadi ajang bagi empat Program Studi di Fakultas Seni dan Desain, yaitu Seni Rupa, Seni Tari, Sendratasik, dan Desain Komunikasi Visual untuk bersatu dan berbaur dalam tema yang mengeksplorasi imajinasi tanpa batas. (HRM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *