Tim FSD UNM Presentasikan “Mental Strength Terapi Batik Sulawesi Selatan, Bagi Tahanan” Pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-36 di UNPAD

(FSD-UNM) Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan even resmi tahunan Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Pada tahun 2023 ini, Universitas Padjadjaran menjadi “Tuan Rumah PIMNAS ke-36″, Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26 November – 1 Desember 2023 di Kampus Jatinangor dan Dipati Ukur.

525 kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari 106 perguruan tinggi berkompetisi di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Kegiatan ini dihadiri 2.411 mahasiswa. Fakultas Seni dan Desain UNM meloloskan 1 tim untuk berkompetisi dalam ajang tersebut.

Tim ini mengangkat Judul “Mental Strenght Melalui Terapi Batik Sulawesi Selatan Bagi Tahanan di Rumah Tahanan Kelas 1 Makassar Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Emosional” pada skema kategori PKM-PM yang Terdiri dari; Tri Putri dari Prodi Pendidikan Seni Rupa (Ketua Tim), Andi Nurfadilla dari Psikologi dan Muhammad Fernanda Putra dari Desain Komunikasi Visual (Anggota).

Aulia Evawani Nurdin, S.Pd., M.Pd “Program ini merupakan kolaborasi antara dua bidang ilmu yaitu seni dan psikologi dengan memberikan pelatihan membuat batik tulis berbasis kearifan lokal Sulawesi Selatan, serta penyuluhan terkait terapi sebagai pembentukan mental strength dan upaya peningkatan ketahanan emosional kepada warga binaan Rutan Kelas 1 Makassar”.

Terapi ini dilakukan dengan melibatkan tahanan dalam pembuatan batik dengan motif Sulawesi Selatan, yang memiliki makna budaya yang mendalam. Proses terapi membatik melibatkan beberapa tahapan, termasuk pembuatan desain, pelilinan, pewarnaan, penguncian warna, pelorodan, pencucian, dan pengeringan. Ungkap Aulia yang merupakan Dosen Pembimbing.

Dekan Fakultas Seni dan Desain Dr. Tangsi, M.Sn di Dampingi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Hj. Heriyati Yatim, M.Pd turut hadir pada kegiatan bergengsi tersebut. Memberikan dukungan kepada Mahasiswanya yang ikut berkompetisi.

 Tangsi “Pimnas ini adalah wadah bagi para mahasiswa untuk menggali kompetensi dan mengembangkan prestasi di bidang penelitian. Sehingga kegiatan ini merupakan kreasi intelektual mahasiswa pada tingkat nasional yang melibatkan seluruh PTN dan PTS seindonesia”.

Adapun kategori lomba yang di presentasi berdasarkan beberapa bidang, yaitu Riset Eksakta, Riset Sosial Humaniora, Kewirausahaan, Pengabdian Kepada Masyarakat, Penerapan Iptek, Karsa Cipta, Karya Inovatif, Video Gagasan Konstruktif, dan Gagasan Futuristik Tertulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *