Layanan Prodi DKV

Pendaftaran Daring

Mahasiswa yang akan melaksanakan seminar proposal, ujian hasil, pameran dan ujian tutup telah memenuhi kriteria yang dipersyaratkan dan dapat mendaftar melalui link yang telah disediakan dengan mematuhi Standar Operasional Prosedur yang telah ditetapkan.

PENDAFTARAN SEMINAR PROPOSAL

  1. Mahasiswa yang telah siap untuk melaksanakan Seminar Proposal secara daring dapat mendaftar dengan melampirkan bukti:
    1. SK Persetujuan Seminar dari Pembimbing (Pdf) yang telah distempel resmi,
    2. Naskah Proposal Tugas Akhir/Skripsi (Word/Pdf),
    3. Powerpoint presentasi Proposal Tugas Akhir/Skripsi (berisi poin-poin penjelasan, bukan teks dalam bentuk paragraf atau tulisan panjang).
  2. Jurusan/Prodi memverifikasi berkas pendaftaran seminar mahasiswa. Bila mahasiswa bersangkutan dinyatakan lulus verifikasi, selanjutnya diagendakan jadwal Pelaksanaan Seminar Proposal berdasarkan persetujuan Dosen Pembimbing.
  3. Jurusan/Prodi membuat jadwal dan undangan pelaksanaan Seminar Proposal yang selanjutnya dikirim ke mahasiswa bersangkutan dan Dosen-dosen lingkup Jurusan/Prodi, serta bagian administrasi fakultas melalui email dan aplikasi WA atau sejensinya.
  4. Dalam waktu sekurang-kurangnya 3 hari sebelum jadwal Seminar Proposal dilaksanakan, mahasiswa kemudian menyampaikan ke Dosen Pembimbing mengenai waktu pelaksanaan Seminar Proposal dengan melampirkan:
    1. Undangan Seminar Proposal
    2. Naskah Proposal,
    3. Powerpoint presentasi
  5. Jurusan/Prodi melakukan kordinasi pelaksanaan Seminar Proposal, dengan menyiapkan media untuk pelaksanaan Seminar Proposal TA/Skripsi secara daring dengan sesuai jadwal, dimana link/tautannya akan dikirimkan kepada mahasiswa peserta, dosen pembimbing, serta dosen dan mahasiswa lingkup Jurusan/Prodi yang ingin mengikuti.
  6. Sehari sebelum Seminar Proposal, mahasiswa wajib mengingatkan kembali kepada dosen pembimbing tentang jadwal pelaksanaan Seminar Proposal tersebut.

Daftar Seminar Proposal; KLIK DISINI 

Download: SOP Pelaksanaan Seminar Proposal Daring



PENDAFTARAN UJIAN HASIL

  1. Mahasiswa yang telah siap untuk melaksanakan Ujian Hasil TA/Skripsi secara daring dapat mendaftar dengan melampirkan bukti:
    1. SK Persetujuan Pembimbing (Pdf) yang telah distempel resmi,
    2. Naskah Tugas Akhir/Skripsi (Word/Pdf),
    3. Hasil Perancangan TA (Pdf), dan
    4. Powerpoint presentasi Hasil Perancangan TA (berisi poin-poin penjelasan, bukan teks dalam bentuk paragraf atau tulisan panjang).
    5. Transkrip Nilai (minimal 132 SKS telah lulus dari seluruh MK yang wajib di tempuh – dapat diminta ke bagian Operator fakultas).
    6. Berkas lainnya (jika ada dengan memperlihatkan rekaman percakapan digital sebagai bukti persetujuan Dosen Pembimbingnya, kepada jurusan/prodi untuk dikonfirmasi).
  2. Jurusan/Prodi memverifikasi berkas pendaftaran mahasiswa. Bila mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan lulus verifikasi, selanjutnya diagendakan jadwal Pelaksanaan Ujian Hasil TA/Skripsi berdasarkan persetujuan Dosen Pembimbing dan Dewan Dosen.
  3. Jurusan/Prodi membuat Jadwal dan Undangan Pelaksanaan Ujian Hasil TA/Skripsi yang dibuat oleh Jurusan/Prodi, selanjutnya dikirimkan ke mahasiswa peserta, dosen pembimbing, dewan dosen, dan bagian administrasi fakultas.
  4. Dalam waktu sekurang-kurangnya 3 hari sebelum jadwal ujian dilaksanakan, mahasiswa menyampaikan pelaksanaan Ujian Hasil TA/Skripsi ke Dosen Pembimbing dan Dewan Dosen Penguji dengan melampirkan:
    1. Undangan Ujian Hasil;
    2. Naskah Tugas Akhir/Skripsi (Word/Pdf);
    3. Karya Hasil Perancangan TA secara lengkap (pdf); dan
    4. Powerpoint presentasi Hasil Perancangan TA/Skripsi.
  5. Mempersiapkan karya-karya Hasil Perancangan TA untuk di display saat Ujian Hasil TA/Skripsi berlangsung dengan menyesuaikan kondisi Pandemi Covid19 saat ini.
    1. Karya Media utama dalam bentuk digital multimedia seperti animasi/film/motion picture (dinamis), akan dipresentasikan saat Ujian Hasil TA/Skripsi berlangsung.
    2. Karya Media utama dalam bentuk media cetak (cetakan statis), jika tidak dapat dicetak dengan kualitas digital printing, maka dapat dilakukan dengan cara mencetak karya tersebut pada printer biasa.
    3. Begitu juga dengan Karya Media Pendukung (cetakan statis) jika tidak dapat dicetak dengan kualitas digital printing, maka silahkan memilih Karya Media Pendukung yang dapat dicetak pada printer biasa.
  6. Jurusan/Prodi melakukan kordinasi pelaksanaan Ujian Hasil TA/Skripsi dengan menyiapkan Media Daring sesuai jadwal, dimana link/tautan aplikasi akan dikirimkan kepada mahasiswa peserta, dosen pembimbing dan dewan dosen
  7. Sehari sebelum Ujian Hasil TA, mahasiswa wajib mengingatkan kembali kepada dosen pembimbing dan dewan dosen penguji tentang jadwal pelaksanaan ujian tersebut.

Daftar Ujian Hasil; Klik di sini

Download: SOP Pelaksanaan Ujian Hasil Daring



PAMERAN KARYA TUGAS AKHIR DARING

  1. Mahasiswa yang akan melaksanakan Pameran Karya Tugas Akhir adalah mahasiswa yang telah melakukan:
    1. Perbaikan/penyempurnaan Karya Hasil Perancangannya sesuai saran, arahan dan masukan dari Dosen Penguji dan Dosen Pembimbingnya masing-masing.
    2. Mendaftar untuk Ujian Tutup.
  2. Jurusan/Prodi meng-agendakan jadwal Pelaksanaan Pameran Karya Tugas Akhir yang akan dilaksanakan secara Live Instagram pada akun IG Prodi DKV, dimana publikasi karya secara online pada akun IG peserta masing-masing.
  3. Mahasiswa mempersiapkan materi pameran untuk didisplay saat live IG melalui Instagram Prodi DKV.
  4. Mahasiswa wajib mempersiapkan materi Desain IG Feed Publikasi Pameran, dimana seluruh materi desain IG Feed Karya Tugas Akhir selanjutnya dimuat pada akun IG pribadi peserta dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Mempersiapkan IG Feed desain publikasi. Desain publikasi memuat informasi Live IG, dan informasi pelaksanaan pameran.
    2. Mempersiapkan IG Feed desain untuk Karya Media Utama.
    3. Mempersiapkan IG Feed Desain untuk Karya Media Pendamping


UJIAN TUTUP

Pelaksanaan Ujian Tutup, pendaftarannya dilakukan lewat Subbag Akademik Fakultas dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Daftar Ujian Tutup: Klik Disini

Download: PANDUAN PELAKSANAAN PAMERAN & UJIAN TUTUP DKV 



ARTIKEL SKRIPSI/TUGAS AKHIR

Artikel (tulisan almiah) berdasarkan naskah tulisan Skripsi, yang
selanjutnya dikirimkan/disetorkan ke Pengelola Jurnal di Fakultas dan
Perpustakaan Pusat UNM, dimana bukti pengiriman/penyetorannya dilaporkan
ke Prodi.

Penyetoran artikel melalui form yang disediakan oleh Pengelola Jurnal di Fakultas

Kirim artikel bidang Seni Rupa & Desain: KLIK DISINI

Surat tanda terima artikel dapat di unduh di laman persuratan jurnal: KLIK DISINI



HAK CIPTA KARYA MAHASISWA

Pendaftaran Hak Cipta karya mahasiswa dilakukan di Unit HKI Prodi, dengan mengisi
formulir yang disiapkan (sebagai kelengkapan syarat untuk pendaftaran
wisuda), dengan melampirkan karya yang akan diusulkan hak ciptanya, sesuai
arahan dosen pembimbing dan atau prodi.

KETENTUAN PENGUSULAN/PENDAFTARAN HAK CIPTA KARYA TUGAS AKHIR/SKRIPSI MAHASISWA PRODI DKV

A. Mengunduh dan mengisi:

  1. Form Surat Pernyataan, dengan komposisi:
    1. Identitas mahasiswa
    2. Identitas Dosen Pembimbing I
    3. Identitas Dosen Pembimbing II

(penulisan identitas di atas harus sesuai dengan KTP masing-masing). Form Surat Pernyataan tersebut ditandatangani oleh setiap yang tercantum namanya, di atas meterai Rp. 6.000,- (unduh Form Surat Pernyataan). Tandatangan yang dibubuhkan merupakan tandatangan basah, bukan digital.

Download: form_Surat_Pernyataan

  1. Form Surat Pengalihan Hak Cipta (bila diusulkan melalui Prodi DKV), dengan komposisi:
    1. Identitas mahasiswa
    2. Identitas Dosen Pembimbing I
    3. Identitas Dosen Pembimbing II

(penulisan identitas di atas harus sesuai dengan KTP masing-masing). Form Surat Pengalihan Hak Cipta tersebut ditandatangani oleh setiap yang tercantum namanya, di atas meterai Rp. 6.000,- (unduh Form Surat Pengalihan Hak Cipta). Tandatangan yang dibubuhkan merupakan tandatangan basah, bukan digital.

Download:  form_surat_pengalihan_hak cipta

B. Melampirkan:

  1. Scan KTP dari setiap nama tersebut di atas, dalam format jpg/pdf
  2. Contoh Jenis Karya yang akan diusulkan/didaftarkan (ketentuan bentuk dan kapasitasnya, lihat pada file Bentuk dan Kapasitas Jenis Ciptaan).
  3. Deskripsi karya yang akan diusulkan/didaftarkan (lihat lampiran contoh)

C. Mengirimkan/mengumpulkan:

Semua berkas tersebut di atas dikirimkan/dikumpulkan di Prodi DKV (bila diusulkan melalui Prodi DKV).

D. Biaya Pendaftaran:

Biaya pendaftaran Hak Cipta disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku di Kemenhumkam RI, dan dibayarkan di Prodi DKV (bila diusulkan melalui Prodi DKV).

Lampiran: KATEGORI CIPTAAN 

Lampiran: Bentuk_Kapasitas-Jenis_Ciptaan