Persuratan

Pelayanan Persuratan terkait Tugas Akhir/Skripsi

Usulan Judul

Untuk mempersiapkan penelitian/perancangan maka diperlukan suatu rencana kerja penelitian, yang disebut sebagai usulan tugas akhir/skripsi dalam bentuk judul. Usulan judul ini harus dipersiapkan sebaik-baiknya oleh mahasiswa, kemudian dibahas secara mendalam oleh pembimbing akademik.

Lembar usulan judul dapat diunduh disini; Lembar usulan Judul


Judul yang sudah disetujui akan disampaikan kepada mahasiswa termasuk pengusulan/penetapan dosen pembimbing.

Lembar usulan pembimbing dapat diunduh disini: Lembar pengusulan dosen pembimbing


Kartu Konsultasi

Surat pengusulan/penetapan dosen pembimbing selanjutnya disetor oleh mahasiswa kebagian akademik fakultas untuk dibuatkan sk pembimbing yang masing masing sk nantinya akan dipegang oleh pembimbing dan mahasiswa. Setelah itu diberikan Kartu konsultasi Tugas Akhir/Skripsi untuk proses pembimbingan perancangan proposal dan kartu peserta seminar.

Lembar kartu konsultasi tugas Akhir/Skripsi dapat diunduh disini: Kartu Konsultasi dan Seminar


Seminar Proposal

Mahasiswa dapat mengikuti Seminar Proposal jika proposal telah disetujui dan ditandatangani kedua Pembimbing, Ketua Program Studi, dan Ketua Jurusan yang dibuktikan dengan Lembar Persetujuan Seminar Prposal

Lembar persetujuan Seminar Proposal dapat diunduh disini: Lembar Persetujuan Seminar


Izin Penelitian

Proposal Tugas Akhir/Skripsi telah disetujui dan ditandatangani pembimbing dan program studi, yang dibuktikan dengan Lembar Pengesahan. Lembar pengesahan berisi keterangan yang menyataan bahwa proposal mahasiswa telah diperiksa dan dinyatakan memenuhi syarat/layak untuk melaksanakan Perancangan Penelitian. Lembar pengesahan dibuat setelah ujian proposal, dan proposal tugas akhir telah diperbaiki serta mendapat pengesahan dari Pembimbing dan Ketua Program Studi. Proposal yang telah direvisi dan ditandatangani kedua pembimbing dan program studi, dijilid sebanyak tiga (3) rangkap untuk mendapatkan surat izin penelitian yang dikeluarkan oleh Pembantu Dekan Bidang Akademik.

Surat keterangan pengesahan penelitian dapat diunduh disini: Lembar Pengesahan Proposal


Ujian Hasil Tugas Akhir/Skripsi

Mahasiswa dapat mengikuti ujian hasil jika laporan hasil telah disetujui dan ditandatangani kedua Pembimbing, Ketua Program Studi, dan Ketua Jurusan yang dibuktikan dengan Lembar Persetujuan Seminar Hasil.

Lembar persetujuan ujian hasil dapat diunduh disini: Lembar Persetujuan Ujian Hasil


Ujian Tutup Tugas Akhir/Skripsi

Mahasiswa dapat mengikuti ujian tutup tugas akhir/Skripsi jika naskah Tugas Akhir/Skrpisi yang akan diujikan telah disetujui dan ditandatangani kedua Pembimbing, Reader, Ketua Program Studi, dan Ketua Jurusan, yang dibuktikan dengan Lembar Persetujuan.

Lembar persetujuan ujian tutup dapat diunduh disini: Lembar Persetujuan Ujian Tutup


Lembar Pernyataan

Surat pernyataan berisi pernyataan mahasiswa bahwa tugas akhir/skripsi yang ditulis merupakan karya asli, dan belum pernah diajukan sebagai syarat atau sebagian dari syarat untuk memperoleh gelar akademik di perguruan tinggi yang berisi: nama; NIM; program studi; fakultas dan universitas; judul tugas akhir/skripsi; pernyataan keaslian; tanggal; bulan; tahun; dan tanda tangan.

Lembar pernyataan keaslian dapat diunduh disini: Lembar Pernyataan Keaslian


Lembar Pengesahan Tugas Akhir

Lembar pengesahan berisi pernyataan mahasiswa bahwa tugas akhir/skripsi yang ditulis berisi: nama; NIM; program studi; fakultas dan universitas; judul tugas akhir; panitia ujian; tanggal; bulan; tahun; dan cap serta tanda tangan dekan. Lembar pengesahan dibuat setelah ujian akhir, tugas akhir telah diperbaiki serta mendapat pengesahan dari tim penguji dan Dekan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.

Lembar pengesahan tugas akhir dapat diunduh disini: Lembar Pengesahan Tugas Akhir