Dosen FSD UNM Tingkatkan Jiwa Entrepreneurship Siswa SMA Negeri 3 Majene Melalui Program Pengabdian Masyarakat

(FSD-) Tim Dosen Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Fakultas Seni dan Desain (FSD), Universitas Negeri Makassar, menggelar program pengabdian masyarakat di SMA Negeri 3 Majene, Sulawesi Barat, Senin, 8 Agustus 2022.

PKM ini merupakan wujud implementasi tridarma perguruan tinggi yakni Pengabdian kepada Masyarakat. Sumber dananya sendiri berasal dari PNBP Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar.

Sebanyak 3 tim melaksanakan workshop dengan melibatkan guru serta siswa SMA Negeri 3 Majene sebagai mitra (peserta).

Tim pertama yang terdiri dari Dr. Muh.Saleh Husain, M.Si dan Satriadi, S.Pd.,M.Sn melatih para siswa untuk mengembangkan kreatiflvitas dan jiwa entrepreneurship mereka melalui pembuatan String Masker. Peserta terlihat begitu antusias dalam membuat string masker ini. Sebab nantinya, tidak hanya bisa digunakan menggantung masker saja, string masker juga bisa dimanfaatkan untuk menggantung kacamata, idcard, ballpoint, dan sebagainya.

Selanjutnya ada tim kedua yang membuat pelatihan cetak saring untuk aplikasi desain grafis lingkungan yang diinisiasi oleh Dr. Ir. Agussalim Djirong, M.T dan Nurabdiansyah, S.Pd., M.Sn. Pada pelatihan ini siswa diperkenalkan tentang teknik cetak saring (Sablon) lewat media kain.

Terakhir, ada tim ketiga yang terdiri dari Hasnawati, S.Pd., M.Pd dan Aulia Ewani Nurdin S.Pd., M.Pd yang memperkenalkan sekaligus membiarkan para siswa membuat sendiri batik tulis mereka secara langsung.

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Majene, M.Ilham, S.Pd., M.Pd menyambut baik program pengabdian ini. Ia sangat mendukung kolaborasi antara kampus dan sekolahnya karena program pengabdian ini melatih siswa berbagai skill yang mampu mengasah kreativitas siswa sekaligus menumbuhkan jiwa entrepreneurship mereka.

“Saya kira program seperti ini sangat bagus, menambah wawasan siswa dan tentunya meningkatkan kreativitas siswa kami” tutur Ilham.

Setelah program ini berakhir, tim dosen PKM FSD berharap keterampilan yang telah dibekalkan kepada para siswa SMA Negeri 3 Majene dapat mereka implementasikan lewat pembelajaran maupun wirausaha mandiri. (Tim Media Center FSD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *