Tim Pengabdian FSD UNM Gelar Pelatihan Teater, Stimuli Remaja Non-Produktif Polman

(FSD-) Tim Pengabdian Fakultas Seni dan Desain UNM melalui PNBP LP2M UNM yang diwakili Dr. Asia Ramli Prapanca, M.Pd., Rahma M, S.Pd., M.Sn., Khaeruddin, S.Sn., M.Pd., dan Andi Taslim Saputra, S.Pd., M.Sn mengadakan Pelatihan Teater bagi remaja non-produktif Komunitas Budaya Sossorang di Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Pelatihan ini bertujuan untuk menstimulasi para remaja non-produktif di Kecamatan Tinambung agar energi remaja yang mereka miliki dapat tersalurkan pada kegiatan yang lebih positif.

“Angka kelahiran dan pertumbuhan penduduk saat ini tidak lagi seimbang dengan jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia. Ini menciptakan banyak remaja non-produktif. Pelatihan ini merupakan upaya untuk memberdayakan para remaja non-produktif tersebut agar tidak melakukan hal-hal yang mengarah kepada tindakan negatif.”, ungkap Andi Taslim Saputra, salah satu anggota Tim Pengabdian.

Pelatihan ini diikuti oleh 15 pemuda dari Komunitas Budaya Sossorang Tinambung. Kegiatan pelatihan dimulai sejak Maret dan akan berlangsung hingga Agustus 2022 mendatang. Nantinya, di akhir pelatihan, para peserta akan mementaskan Teater Rakyat Koa-Koayang.

Kegiatan dalam pelatihan ini meliputi pelatihan olah tubuh, olah rasa, dan olah vokal, serta dasar-dasar pemeranan agar peserta dapat mementaskan Teater Rakyat Koa-Koayang secara sederhana namun berkualitas dan bermakna.

“Pelatihan ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, alat untuk refleksi, serta mengajarkan sesuatu yang bernilai bagi para remaja. Pelaksanaan pelatihan menggunakan model pendampingan kepada peserta agar mereka lebih aktif, kreatif, dan tetap menyenangkan”, ujar Asia Ramli Prapanca, Ketua Tim Pengabdian, Senin (8/8/2022).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *