Media Belajar Mandiri: Dosen DKV Universitas Negeri Makassar Membuat Aplikasi Kamus Ilmu Komunikasi Berbasis Smartphone

Sebuah aplikasi bernama Kamus Ilmu Komunikasi dirancang oleh seorang dosen program studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar, Nurjayanti, S.Sos., M.I.Kom. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi berbasis smartphone yang sengaja dirancang untuk memenuhi kegiatan belajar mandiri mahasiswa dalam bidang ilmu komunikasi.


Seperti aplikasi kamus pada umumnya, aplikasi Kamus Ilmu Komunikasi ini juga berisi menu pencarian suatu istilah yang dipelajari dalam bidang ilmu komunikasi. Melalui aplikasi ini, pengguna akan diberi penjelasan tentang arti dari istilah ilmu komunikasi yang dicari. Selain penjelasan secara verbal, beberapa data juga dilengkapi visualisasi untuk lebih memberikan pemahaman kepada pengguna. Setiap hasil pencarian yang ditampilkan pada aplikasi ini dilengkapi dengan sumber referensinya masing-masing.


Ide pembuatan aplikasi tersebut telah ada sejak tahun 2021 saat pandemi Covid-19 tengah melanda Indonesia. Nurjayanti mengaku bahwa aplikasi tersebut telah melalui proses panjang perancangan, mulai dari memikirkan user interface dan user experiencenya. Hingga masuk tahun 2023, aplikasi ini akhirnya dapat diseberluaskan dan kini telah dimanfaatkan oleh program studi Ilmu Komunikasi dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Tidak hanya dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai media belajar mandiri, aplikasi tersebut juga telah dimanfaatkan oleh dosen-dosen Ilmu Komunikasi untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma perguruan Tinggi.


Beberapa perguruan tinggi yang telah memanfaatkan aplikasi tersebut untuk memenuhi kebutuhan belajar mahasiswa dan Tri Dharma dosen, di antaranya ialah program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Papua, program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Buton, dan program studi Ilmu Komunikasi Universitas Mbojo Bima, di mana aplikasi ini telah lebih dulu dimanfaatkan oleh mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Makassar.


Tidak hanya ditujukan bagi mahasiswa dan dosen saja, aplikasi ini juga dapat diakses oleh masyarakat umum secara gratis melalui tautan berikut

https://kamusilmukomunikasi.glideapp.io/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *