Dosen FSD UNM Latih Pemuda Desa Mirring Polewali Mandar SULBAR Menyablon

(FSD-) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dengan melakukan pelatihan cetak sablon kepada pemuda Desa Mirring, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat yang tegabung dalam organisasi pemuda Generasi Muda Mirring Bersatu (GEMA MINBAR). Pelatihan ini dilaksanakan beberapa hari lalu di Kantor Desa Mirring Kabupaten Polman, Sulbar pada Sabtu-Minggu (2-3 September 2023).

Pelaksanaa program kemitraan ini dilakukan oleh para dosen yang terdiri dari Dr. Tangsi, M.Sn sebagai ketua pengabdi yang didampingi oleh M. Muhlis Lugis, S.Pd., M.Sn dan Dian Cahyadi, S.Sn. M.Ds. sebagai anggota pengabdi. Peserta yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari 15 orang pemuda anggota GEMA MINBAR yang terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Program pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kompetensi keterampilan kepada para pemuda desa Mirring untuk memiliki kesiapan terjun di dunia kerja, sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran pemuda desa. Dengan Kompetensi keterampilan yang diberikan diharapkan dapat menumbuhkan semangat wirausaha para pemuda.

Dokumen Tim

Dr. Tangsi, M.Sn sebagai ketua pengabdi menyampaikan bahwa pelatihan ini diharapkan mampu mendorong semangat para pemuda Desa Mirring untuk dapat melakukan kegitan positif yang dapat memberikan manfaat untuk masa depannya, teutama dalam hal membuka peluang kerja. Selain itu, dengan modal keterampilan anggota yang dimiliki, GEMA MINBAR dapat membuat unit produksi sablon yang dapat menjadi sumber pemasukan untuk mendukung program-program kegiatan sosialnya.

Adnan sebagai ketua GEMA MINBAR menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan ini, kami sangat berterima kasih kepada Universitas Negeri Makassar karena dapat menjadi penyemangat teman-teman untuk terus mengembangkan kemampuannya yang selama ini belum pernah kami dapatkan yaitu belajar menyablon sehingga dengan adanya pelatihan ini kami sudah tahu cara menyablon baju kaos untuk kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan.

Diharapkan melalui pelatihan ini para pemuda Desa Mirring yang tergabung dalam GEMA MINBAR dapat mengembangkan kemampuanya sehingga dapat terus melakukan praktek-praktek menyablon yang kreatif dan inovatif sehingga akhirnya akan menjadi wirausahawan yang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *