FSD UNM Gelar Pameran dan Pertunjukkan Seni: Pengkarya Berasal Dari 17 Negara

Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Pameran Internasional secara virtual pada 24-26 Februari 2023. Pameran ini mengangkat tema “Celebrating the Diversity of Art and Education in Unity”. Kegiatan ini memamerkan karya seni, berupa karya seni rupa, karya poster dan fotografi secara virtual.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Seni dan Desain, Dr. Tangsi, M.Sn., di Gedung Auditorium FSD UNM Ju’mat 24-3/2023. Dalam sambutannya, tangsi mengapresiasi kegiatan yang berskala internasional ini. Meskipun kegiatan dilaksanakan secara virtual, namun semangat dan motivasi yang luar biasa dari peserta yang mengikuti kegiatan ini, terlihat dari banyaknya karya dan peserta dari berbagai negara yang hadir secara virtual.

Lanjut tangsi, di era sekarang ini karena teknologi sudah sangat maju sehingga kegiatan berskala internasional dapat dilaksanakan meskipun kita tidak harus hadir dilokasi kegiatan. Kegiatan seperti ini perlu kita giatkan, karena selain tidak harus mengeluarkan biaya banyak juga dapat mendukung indeks kinerja utama (IKU) UNM serta dapat memberikan kontribusi dalam akreditasi prodi Pendidikan Seni Rupa, Prodi Pendidikan Sendratasik, Prodi Seni Tari dan Prodi DKV.

Adapun jumlah peserta yang hadir berasal dari 17 Negara seperti: Banglades, Italy, Canada, Mexico, Germany, Poland, USA, Taiwan, Indonesia, Iran, Saudi Arabia, Japan, Netherland, Austria, Kazakhsthan, UK dan India.

Pada workshop hari pertama, Ade Agogo yang juga merupakan konten kreator memberikan motivasi dan semangat kepada peserta, baik yang hadir secara langsung maupun yang hadir secara online via zoom. Ade menyampaikan bahwa ada empat kunci yang dapat kita lakukan untuk bisa meraih kesuksesan, pertama kita harus yakin dengan apa yang kita ingin lakukan, intinya kita harus dapat pilnya, kedua membahagiakan orang tua, ketiga banyak bersedekah, kempat berusaha dengan sungguh-sungguh, kreatif dan konsisten. Terang Ade Irawan Saputra yang juga alumni Fakultas Seni dan Desain.

Panitia pelaksana, Andi Taslim Saputra mengatakan bahwa ada 150-an karya yang berasal dari 17 negara yang berpartisipasi pada kegiatan Phinisi Fest 2023. Ini tentu menjadi motivasi tersendiri bagi kami sebagai panitia pelaksana untuk menyukseskan kegiatan tersebut” ungkap Taslim.

Lanjut Taslim Selain Pameran, Ada juga Pertunjukkan Teater, Tari dan Musik kemudian dilanjutkan dengan Seminar Internasional dan Workshop Seni sebagai rangkaian kegiatan Phinisi Fest 2023. Ia menjelaskan pada seminar Internasional ini, narasumbernya adalah Prof. Dr. Karta Jayadi, M.Sn yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan UNM, yang membahas tentang keberagaman sebagai wadah interdialektika seni.

Untuk kegiatan Pertunjukkan Teater, Tari dan Musik dilaksanakan secara Virtual dan di tayangkan di platform YouTube FSD UNM. Sementara untuk Workshop Seni dibawakan oleh Dr.Andi Ihsan, M.Pd (Dosen Seni Musik) , Dr. Syakhruni,M.Pd.(Dosen Seni Tari), Nurabdiansyah, S.Pd., M.Sn (Dosen Desain Komunikasi Visual), M. Muhlil Lugis, S.Pd., M.Sn (Dosen Desain Komunikasi Visual) dan Ade Agogo (Konten kreator).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *