80 Siswa SMKN 7 Pinrang Berkunjung ke FSD UNM

(FSD-UNM) Kunjungan siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 7 Pinrang di Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM). Kedatangan 80 siswa yang didampingi 10 gurunya diterima di Auditorium FSD Oleh Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Dr. Aswar, M.Ds bersama Dr. Irfan, M.Sn Sekertaris Jurusan Seni Rupa dan Desain FSD (Rabu, 16/11/22).

Sekjur Seni Rupa dan Desain

Kegiatan yang berlangsung pagi pukul 09.00 merupakan bentuk kunjungan industri (implementasi dari link dan match). Kemudian pihak prodi merespon dengan baik karena kegiatan tersebut, juga merupakan bentuk dukungan salah satu Indeks Kinerja Utama (IKU) UNM. Kegiatan yang berlangsung sekitar 90 menit dengan pemaparan materi dari Ketua Prodi DKV terkait informasi akademik melalui presentasi visi misi DKV dan kurikulumnya.

Penyerahan Cendera Mata

Dr. Aswar, M.Ds  memaparkan Bahwa “DKV merupakan Program Studi yang unggul, terkemuka dan menyiapkan profesional dinamis bagi industri komunikasi yang terintegrasi spirit pengetahuan mutakhir dilatari semangat budaya tradisi lokal, sehingga menjadi pusat pengembangan dan pengkajian ilmu komunikasi dan humaniora dalam bidang desain komunikasi visual untuk mengangkat citra produk, perusahaan, lembaga atau perorangan, sekaligus mengambil peran sebagai pendamping kewirausahaan industri kreatif”.

Kemudian Aswar melanjutkan bahwa Prodi DKV merupakan salah satu Program Studi yang cukup banyak peminatnya di UNM terbukti dalam penerimaan mahasiswa baru akhir-akhir ini pendaftarnya melebihi dari jumlah kuota yang disiapkan. Bapak Rektor Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN-Eng. dalam setiap sambutannya pada kegiatan Ramah Tama Fakultas Seni dan Desain selalu menyampaikan bahwa Prodi DKV ini, salah satu prodi handal yang luas peluang dan lapangan kerjanya di era sekarang ini, jadi tidak ada alumni DKV yang tidak kerja atau pengangguran karena masih kuliah saja sudah sibuk kerja projek desain diluar kampus, kemudian ditutup dengan candanya.

Antusias siswa terlihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan seputar sistem penerimaan mahasiswa baru yang selama ini dilaksanakan oleh Universitas Negeri Makassar.

Dr. Irfan, M.Sn  merespon pertanyaan siswa bahwa “Ada beberapa jalur yang dibuka oleh kampus dalam penerimaan siswa baru, diantaranya  Jalur Nasional melalui pendaftaran SNMPTN dan pendaftaran SBMPTN kemudian Jalur Masuk Mandiri, ini jalur yang dibuka terakhir meskipun biasa dibuka sampai 2 gelombang jika masih ada kuota prodi yang belum terpenuhi tegas Irfan.

Siswa SMKN 7 Pinrang

Dalam kunjungan ini, siswa diberikan pengetahuan awal dan pemahaman serta gambaran bagaimana sebuah proses akademik dan budaya kampus khususnya pada prodi DKV. Karena dengan adanya kunjungan seperti ini, bertujuan untuk melatih mental siswa-siswi agar mereka dapat mengetahui situasi dan kondisi yang ada dilingkungan kampus. Tanpa adanya kunjungan, siswa-siswi tentu saja akan merasa kaget atau tidak terbiasa dalam dunia kampus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *