Seminar Nasional Caradde #2 2021: Pendidikan Seni dan Desain dalam Spirit Merdeka Belajar (MBKM)

Sukses digelar pada tahun 2020 lalu, Conference of Arts, Arts Education and Design (CARADDE) #2 tahun 2021 kembali digelar oleh Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.

Dasar Pemikiran

Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan yang bergerak cepat dalam bidang sosial, budaya, dan kemajuan teknologi, maka kompetensi mereka harus dipersiapkan agar dapat bergayut dengan kebutuhan masyarakat, lingkungan, dan dunia kerja. Untuk itu perguruan tinggi sebagai garda terdepan dalam mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja perlu merancang model pembelajaran yang inovatif untuk mengantarkan mahasiswa mencapai tujuan pembelajaran yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap/mental secara optimal.

Program Merdeka Belajar Kampus Meredeka (MBKM) yang digagas oleh Pemereintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi diharapkan dapat menjawab tuntutan tersebut. Program MBKM memberikan kebebasan bagi perguruan tinggi untuk merancang pembelajarannya yang lebih fleksibel sehingga tercipta suasana pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan tidak mengekang, serta sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Salah satu kekhasan dari Program MBKM ini adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar program studinya bahkan di kampus lain selama tiga semester. Ketiga semester tersebut meliputi satu semester di luar program studinya dan dua semester kegiatan pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Berbagai kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan mahasiswa di luar kampus yakni magang/praktik industri, proyek pengabdian ke masyarakat, mengajar di sekolah, melakukan peneletian, melakukan kegiatan kewirausahaan, melakukan proyek independen, dan program kemanusiaan. Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja kelak.

Fakultas Seni dan Desain sebagai salah satu fakultas di Universitas Negeri Makassar, bertanggung jawab untuk membicarakan dan merumuskan bentuk kegiatan program MBKM dalam pembelajaran seni dan desain agar diperoleh hasil yang optimal dalam penerapan program tersebut. Oleh karena itu,  seminar nasional yang bertema “Pendidikan Seni dan Desain dalam Spirit Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka” dilaksanakan melalui Conference of Arts, Arts Education, and Design (CARADDE) #2 tahun 2021 dengan menghadirikan pembicara-pembicara yang kompeten di bidangnya.

Tema

Tema utama: Pendidikan Seni dan Desain dalam Spirit Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Subtema

  1. Membangun Keahlian Lulusan Program Studi dalam Perspektif Merdeka Belajar Kampus Merdeka
  2. Paradigma Pendidikan Seni dan Desain dalam Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka
  3. Prospek Pembelajaran Seni dan Desain dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka
  4. Ideologi Pendidikan Seni dan Desain dalam Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital

Pembicara

Pelaksanaan Conference of Arts, Arts Education and Design (CARADDE) #2 tahun 2021 menghadirkan Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN-Eng. selaku Rektor Universitas Negeri Makassar sebagai “keynote speaker” serta tiga pembicara dengan kepakaran masing-masing antara lain:

  1. Prof. Sofyan Salam, Ph.D. (Universitas Negeri Makassar)
  2. Prof. Dr. Hj. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum. (Institut Seni Budaya Indonesia Bandung)
  3. Dr. R. Chairul Slamet, M.Sn.  (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)

Pelaksanaan

Conference of Arts, Arts Education and Design (CARADDE) #2 dilaksanakan pada tanggal 11 November 2021 secara daring mulai pukul 09.00 Wita – selesai melalui aplikasi Zoom Meeting.

Tanggal Penting

  1. Regitrasi peserta biasa: 19 September – 10 November 2021
  2. Registrasi pemakalah: 19 September – 25 Oktober 2021 (disediakan grup Whatsapp bagi pemakalah saat mendaftar)
  3. Pengumpulan abstrak: 19 September – 25 Oktober 2021
  4. Pengumuman abstrak diterima: 26 Oktober 2021
  5. Pengumpulan full-paper artikel: 16 Oktober- 6 November 2021

Biaya Pendaftaran

  1. Pemakalah: Rp300.000,-
  2. Peserta biasa: Gratis

Pembayaran dilakukan dengan melakukan transfer ke rekening BNI 0809484754 a.n. Selfiana Saenal

Akomodasi

  1. Peserta biasa: sertifikat elektronik (e-certificate) bagi yang mengikuti kegiatan
  2. Pemakalah: sertifikat elektronik (e-certificate), prosiding elektronik (e-proceeding), seluruh artikel yang dinyatakan lolos “review” akan diterbitkan pada Open Conference System (OCS) CARADDE: Conference of Arts, Arts Education and Design (ocs.unm.ac.id/caradde/2021)

Narahubung

  1. Informasi umum: 08111613797, 088706070710
  2. Pemakalah: 085255949181, 085299270773
  3. Konfirmasi Pembayaran: 081241251477

Sekretariat Kepanitiaan

Ruang Dosen Gedung Prodi Lt. 2 Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, email: fsd@unm.ac.id

 

Pendaftaran

Silakan klik tautan ini: https://bit.ly/daftarcaradde2021

atau klik tombol “Daftar Sekarang” di bawah ini

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *