Saksikan Kolaborasi Pertunjukan “Refokusin Pakarena”

Pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia hingga saat ini tak membuat seniman kota Makassar kehilangan kreativitasnya dalam menghasilkan karya-karya spektakuler. Dr Nurlina Syahrir, M. Hum dosen tari dari UNM bersama Goenawan Monoharto, seorang seniman foto, akan mempresentasikan sebuah karya kolaborasi “Refokusin Pakarena” di Hotel Remcy Panakukang Makassar, Minggu, 6 Juni 2021 mendatang.

Pertunjukan yang akan digelar mengumpulkan semua pengalaman, pengetahuan dan keterampilan selama bertahun-tahun oleh masing-masing seniman dari berbagai bidang seni dengan pengolahan karya untuk dapat menyajikan eksotika tari pakarena melalui pemotretan dan pertunjukan tari dengan konsep seni baru. KOLABORASI KOREOGRAFIS.

Nurlina Syahrir, menyebutkan pertunjukan ini mengelaborasi penciptaan karya dengan mengeksplorasi pertunjukan tari Pakarena dan pengambilan foto di spot-spot terpilih yang memiliki narasi menarik dengan pendekatan yang melampaui kemampuan dan keterampilan seniman tari dan seniman fotografi. Sedangkan Goenawan Monoharto akan menampilkan 18 foto berukuran besar yang dicetak di atas kanvas hitam putih. Karya seni tersebut tertuang dalam bentuk foto pertunjukan yang akan menampilkan paduan seni tari dan fotografi yang mencerminkan karakter khas perempuan Makassar yang kuat, jujur, setia, pantang menyerah, inisiatif, taat pada etika, norma, hukum.

Proyek pertunjukan tersebut menurut Dewi Ritayana, ini merupakan kolaborasi anti mainstream, hasil kreasi seniman akademisi maestro tari dengan fotografer profesional kreatif yang luar biasa. Karya yang akan tampil secara teknis ditata di luar norma, tidak lagi semata-mata bertumpu pada penguasaan teknis atau keterampilan penciptanya, tetapi penciptaan karya mereka dielaborasi melalui proses perluasan ide-ide artistik yang dihasilkan dari diskusi intensif yang berfokus dengan melibatkan sejumlah seniman yang kompeten di berbagai bidang. Seperti tari, musik, rupa, dan teater. Jangan sampai ketinggalan menyaksikan pertunjukan spektakuler tersebut, Sabtu, 5 Juni 2021 mendatang di Hotel Remcy Panakukang Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *