Pameran Karya Tugas Akhir “Ilustrasi Angngaru Tubaranina Gowa”

DKV FSD – Pameran Tugas Akhir Karya Muh Ichsan Mustari ini adalah perancangan ilustrasi Angngaru Tubaranina Gowa sebagai media pembelajaran. Metode perancangan dilakukan dengan menganalisis beberapa objek materi dan merancang konsep desain komunikasi visualnya yang meliputi konsep desain, konsep visual, konsep teknis dan konsep kreatif dengan membuat 4 pembagian materi, kemudian penggambaran seluruh gaya atau bentuk sesuai materi. Hasil perancangan berupa media pembelajaran dalam bentuk Buku Panduan Ilustasi Angngaru Tubaranina Gowa sebagai media utama, Ebook (Buku Digital) sebagai media pendukung dan Poster, X-banner sebagai media promosi.

Produk utama yang di rancang adalah buku panduan ilustrasi Angngaru Tubaranina Gowa sebagai media pembelajaran dalam mempelajari Angngaru Tuburanina Gowa. Isi materi dalam buku panduan ilustrasi Angngaru Tubaranina Gowa yaitu sejarah Angngaru Tubaranina Gowa pada masa lampau dan masa sekarang, pengenalan busana, property, alat music pengiring, deskripsi gerak Angngaru Tubaranina Gowa mulai dari pendahuluan, inti, penutup dan yang terakhir pengaplikasi Gerakan dan teks Angngaru Tubaranina Gowa. Dalam perancangan ilustrasi Angngaru Tubaranina Gowa, menentukan konsep desain, konsep visual dan konsep komunikasi. Konsep desain pada perancangan ilustrasi Angngaru Tubaranina Gowa ini yaitu “BERANI”, Sesuai dengan pengertian Aru atau Angngaru yang berarti sebagai pengucapan sumpah atau ikrar seorang ksaktria kepada rajanya atau pengucapan janji seorang pemimpin kepada rakyatnya sebelum menjalankan tugas, yang dirancang dengan menggunakan teknik ilustrasi Digital vector dan dipadukan dengan filter oil Painting, kemudian diimplementasikan melalui software Corel Draw dan Adobe Photoshop yang diolah lagi dengan penambahan grafis, dengan komposisi yang seimbang, dan penambahan naskah yang akan menjelaskan gerakan- gerakan ilustrasi agar pembaca lebih mengerti dalam mempelajarinya. Menganalisis typografi, warna, bentuk, gaya ilustrasi, positioning dan branding pada perancangan media utama, pendukung dan media promosi.

Perancangan ilustrasi Angngaru Tubaranina Gowa dalam bentuk buku  fisik yang dilengkapi dengan media pendukung yaitu Ebook (buku digital) Selain itu, juga dilengkapi dengan berbagai media promosi seperti poster dan X-banner.

Untuk melihat karya-karya Kunjungi Pameran Online di:

Instagram: @ichsan_doang

Youtube: Seni dan Desain UNM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *