Kerja Sama FSD bersama Kabupaten Banggai dalam Penyusunan Naskah Akademik Seni Lokal Luwuk Banggai

Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar kembali mengadakan kerja sama dengan Kabupaten Luwuk Banggai dalam hal penyusanan naskah akademik Seni Lokal Luwuk Banggai.

Kegiatan awal lapangan digelar focus group discussion (FGD) dengan mempresentasikan draft buku Seni Lokal Luwuk Banggai di aula Dikbud, Kelurahan Luwuk, Kecamatan Luwuk, pada hari senin (21 Jiuni 2021). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Seni dan Desain yakni Dr. Tangsi bersama Jajarannya antara lain, Dr. A. Jamilah (Wadek I), Dr. Heriyati Yatim (Wadek III), Dr. Sukarman (Koordinator Kerjasama), Dr. Irfan Kadir (Sekjur Seni Rupa dan Desain), Dr. A. Padaliah (Kaprodi Sendratasik), dan Sri Wahyuni Muhtar (dosen Sendratasik). Sedangkan dari pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banggai dihadiri oleh Muh. Iksan Budiono, SE, M.Si (Plt. Sekretaris Disdik Kabupaten Banggai) beserta jajarannya. Pertemuan ini juga dihadiri pegiat seni dan budayawan yang masih aktif berkarya dan mengelola kelompok kesenian di Banggai. Mereka turut hadir untuk memberi masukan dan koreksi terkait isi dan esensi rancangan buku sebelum dicetak dan diterbitkan.

Dalam FGD tersebut dikemukakan, Kabupaten Banggai memiliki ragam kesenian lokal seperti seni rupa, musik dan seni tari. Ragam kesenian lokal tersebut akan dikumpulkan dalam buku yang akan dirancang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *