Studi Eksplorasi Mahasiswa DKV FSD di Tanjung Bira


Rombongan Studi Eksplorasi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Desain UNM di Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba, yang di dampingi oleh Drs. H. A. Kahar Wahid, Drs. Benny Subiantoro, M.Sn., Drs. Muh. Saleh Husain, M.Si., Drs. Alimuddin, M.Sn., Andry Priyadharmadi P., M.I.Kom., berlangsung pada tanggal 21-23 April 2017. Bertujuan untuk mengkaji iklan-iklan masyarakat di Kabupaten Bulukumba dan mengeksplorasi pemandangan-pemandangan di tanjung Bira dalam bentuk sketsa.

Kegiatan ini berkaitan dengan beberapa mata kuliah jurusan Desain Komunikasi Visual diantaranya mata kuliah Psikologi, Persepsi, Persuasi dan mata kuliah Komik yang dimana mahasiswa di tuntut untuk mengkaji iklan-iklan dan mahasiswa juga dilatih mensketsa dan menggambar kejadian atau pemandangan yang ditemukan selama berada di tanjung Bira Bulukumba.

Adapun kegiatan selama di tanjung bira, melakukan kunjungan-kunjungan yang diagendakan oleh mahasiswa dan dosen selama di Tanjung Bira. Yaitu dengan mengunjungi beberapa tempat bersejarah mulai dari naik ke Bukit Pung Janggo, Pantai Kayangkolan, dan Ujung Lassa.

Kegiatan seperti ini sangat sering di lakukan oleh mahasiswa jurusan desain komunikasi visual, yang pada kesempatan kemarin, telah mengunjungi kabupaten Toraja Utara sebagai ajang pembelajaran yang bersentuhan langsung dengan masyarakat kemudian mengeksplorasi budaya-budaya serta kearifan lokal di Sulawesi Selatan. (Andry Priyadharmadi P/AP)