Dorong Kecakapan Visual, Tim Pengabdian FSD UNM Gelar Pelatihan Produksi Video

(FSD-) Setelah menggelar berbagai pengabdian berbasis analisis kebutuhan masyarakat, kali ini Tim Pengabdian Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama LP2M UNM kembali menggelar pengabdian berupa Pelatihan Produksi Video.

Tim kegiatan Pengabdian Masyarakat ini terdiri dari Prof. Dr. H. Abd. Aziz Ahmad, M.Pd. (Ketua Tim) dan Baso Indra Wijaya Aziz, S.Sn., M.Sn. (Anggota Tim), keduanya merupakan dosen dari Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.

Kegiatan pengabdian pelatihan produksi video ini tercetus melihat kebutuhan terhadap skill dalam bidang konten dan teknis produksi video semakin dibutuhkan dari tahun ke tahun. “Setiap tahunnya pelatihan produksi video, terutama menggunakan smartphone sangat diminati. Apalagi tren pekerjaan dan lifestyle terus berkembang dan jika diamati salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan adalah terkait produksi video ini”, ungkap Prof. Aziz, Kamis (11/8/2022).

Baso Indra menuturkan bahwa Pelatihan Produksi Video ini telah dilakukan diberbagai tempat sejak tahun 2018, baik di Kota Makassar hingga Kabupaten Pangkep. “Pengabdian berupa Pelatihan Produksi Video ini sudah kita laksanakan sejak 2018, dan jika masih dibutuhkan akan terus kita upayakan dilaksanakan hingga tahun-tahun ke depannya. Tentu pelatihan ini bersifat Gratis bagi siapapun yang berminat atau membutuhkannya.”, ujarnya

Pengabdian Pelatihan Produksi Video ini menjadi salah satu kegiatan yang menarik perhatian pengunjung saat penyelenggaraan Pameran Pendidikan Dies Natalis ke-61 UNM pada 5 Agustus 2022 lalu.

Dosen dan Pegawai UNM yang hadir pada pameran pendidikan berkesempatan mendapatkan pelatihan teknik pengambilan gambar khususnya pemanfaatan smartphone. Dengan bekal ponsel pintar yang dimiliki, semua tahapan produksi video dapat dilakukan mulai dari memahami sudut pengambilan gambar, komposisi, pergerakan kamera, editing video, hingga publikasi ke berbagai media sosial.

Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh pengunjung yang hadir pada pameran pendidikan Dies Natalis ke-61 UNM, selain memberi pelatihan produksi video, para pengunjung pameran juga berkesempatan melakukan pemotretan studio secara gratis yang disediakan oleh Tim Pengabdian FSD UNM bersama LP2M UNM. Tercatat 36 orang yang mengikuti pelatihan, baik dari kalangan Dosen, Pegawai, Mahasiswa, hingga Umum. Peserta yang mengikuti pelatihan juga langsung mendapatkan sertifikat. (Tim Media Center FSD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *