Profil

Profil FSD

Fakultas Seni dan Desain (FSD), salah satu fakultas di Universitas Negeri Makassar (UNM), merupakan satu-satunya Fakultas Seni dan Desain di Indonesia.

Program Studi yang dibina:

  1. Program Studi Pendidikan Seni Rupa
  2. Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik
  3. Program Studi Seni Tari
  4. Program Studi Desain Komunikasi Visual

FSD UNM Makassar sebagai lembaga pendidikan tinggi yang dapat menyelenggarakan pendidikan bidang desain komunikasi visual memiliki letak sangat strategis, karena berada di kota terbesar di Kawasan Tmur Indonesia. Karena itu, pembukaan Program Studi Desain Komunikasi Visual FSD UNM Makassar, selain karena letak geografisnya yang sangat strategis juga didasarkan atas pemikiran-pemikiran sebagai berikut:

  1. Rekomendasi Komisi Internasional Pengembangan Pendidikan (UNESCO) untuk menggunakan Pendidikan Sepanjang Hayat sebagai konsep induk (master plan) dalam pengembangan dan pengorganisasian pendidikan dan pembelajaran memasuki globalisasi di awal abad 21.
  2. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003, tentang SISDIKNAS, Bab VI pasal 19, ayat (1) disebutkan bahwa pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi.
  3. Keputusan Presiden RI Nomor: 93 Tahun 1999 Tanggal 4 Agustus 1999 tentang Konversi IKIP Ujung Pandang menjadi Universitas Negeri Makassar, perluasan mandat untuk menyelenggarakan ilmu murni (non kependidikan).
  4. Keputusan Mendiknas RI Nomor: 234/U/2000 tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI, Nomor: 108/DIKTI/Kep/2001, tentang Pedoman Pembukaan Program Studi dan/atau Jurusan, disebutkan bahwa dosen tetap untuk program studi S1 (minimal) 6 orang dengan kualifikasi pendidikan: 4 orang S1 , dan 2 orang S2.
  5. Keputusan Dirjen Dikti No. 2874/D/T/2007 tentang persetujuan pembentukan Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar.
  6. Rekomendasi Kongres Kesenian di Jakarta tahun 2006, tentang perlunya dibentuk Pendidikan Tinggi Seni di Indonesia Timur.
  7. Program Studi (Prodi S1) Desain Komunikasi Visual di Kawasan Timur Indonesia sampai saat ini belum ada.
  8. Fakultas Seni dan Desain UNM Makassar saat ini (November 2008) memiliki dosen 26 orang, sebagai dosen pada Prodi Pendidikan Seni Rupa dengan kualifikasi S3 sebanyak 3 orang (di antaranya 1 orang guru besar), S2 sebanyak 19 orang (2 orang S3 sementara menempuh pendidikan seorang diantaranya dari desain), dan kualifikasi S1 sebanyak 4 orang (semuanya sedang menempuh pendidikan S2). Dosen yang dipersiapkan untuk Prodi Desain Komunikasi Visual sebanyak 11 orang dengan berpendidikan S2 Desain berstatus dosen tetap 7 orang (salah seorang sedang S3) dan 4 orang S1 Desain Komunikasi Visual berstatus dosen luar biasa tetap (sedang pengusulan calon PNS), akan diuraikan lebih lengkap pada bagian lain (sumber daya).