Pengabdian Di Sulbar, Dosen FSD UNM Ajak Guru SDN 6 Balombong Majene Manfaatkan Limbah Plastik Jadi Kerajinan Tangan

(FSD)- Tim Dosen Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Fakultas Seni dan Desain (FSD), Universitas Negeri Makassar, menggelar program pengabdian masyarakat di SDN 6 Balombong, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Senin, 8 Agustus 2022.

PKM ini merupakan wujud implementasi tridarma perguruan tinggi yakni Pengabdian Kepada Masyarakat. Sumber dananya sendiri berasal dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP) Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar (UNM).

Dosen FSD UNM Dr. Aswar Memaparkan Program Pengabdian dihadapan Guru-Guru

Kegiatan tersebut melibatkan Dosen sebagai pelatih, Dr. Aswar, M.Sn (Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual), Mukhlis Lugis, S.Pd, M.Pd (Dosen DKV), Dra. Nurhudaya Lukman (Instruktur dari SMK 3 Gowa). Peserta merupakan guru SDN 6 Balombong berjumlah 13 orang. Pada kegiatan ini terlihat guru-guru antusias membuat kerajinan tangan berbasis limbah kantong plastik dan botol bekas menjadi produk yang memiliki nilai jual.

Dr. Aswar, M.Sn menjelaskan bahwa kegiatan ini terlaksana, tentu tidak lepas dari dukungan pimpinan fakultas dikampus serta respon masyarakat mandar terkhusus yang ada di kecamatan pamboang. Daur ulang plastik merupakan kegiatan mengelola dan menggunakan plastik bekas agar dapat digunakan kembali, menjadi barang yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar serta memiliki nilai jual. Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi dan megatasi adanya pencemaran, kerusakan lingkungan yang disebabkan dari membuang sampah plastik sembarangan tegas Aswar.

Peserta Pelatihan Praktek Pengelolaan Limba Plastik Menjadi Karya

Saharuddin, S.Pd Kepala Sekolah SDN 6 Balombong menuturkan bahwa kegiatan seperti ini kami sambut dan respon dengan positif. Harapan kami bahwa PKM seperti ini perlu dilanjutkan dan dilaksanakan kembali di sekolah ini, dalam kompetensi lain dengan memanfatkan serat sabuk kelapa menjadi produk tas dan sandal.(MEDIA CENTER FSD UNM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *