Dosen FSD Latih Siswa Manfaatkan Platform Digital Untuk Pengembangan Keterampilan Bernyanyi

(FSD-) Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang diwakili Sri Wahyuni Muhtar, S.Pd., M.Sn., sebagai (Ketua Tim) Dr. Andi Jamilah, M.Sn., dan Selfiana Saenal, S.Pd., M.Sn., melaksanakan pelatihan pemanfaatan platform digital untuk mengembangkan keterampilan bernyanyi siswa. Lokasi pengabdian ini dilaksanakan di Jalan M. Djud P Nomor 2 Kelurahan Labuang, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat 9/8/2022.

Sri Wahyuni Muhtar, menjelaskan bahwa mitra kegiatan pengabdian ini, adalah siswa SMA Negeri 1 Majene, kami memberikan materi terkait pengenalan berbagai platform digital yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam mengembangkan keterampilan bernyanyi. Khusus kegiatan ini, kami menggunakan teknologi QR-Code dan Youtube sebagai platform digital yang memuat materi multimedia yang membantu siswa dalam berlatih teknik-teknik dasar vokal dalam bernyanyi.

Adapun permasalahan siswa yang membutuhkan bantuan pemanfaatan teknologi dalam belajar seni vocal, dapat diatasi dengan pelatihan ini, sehingga semua siswa SMAN 1 Majene sangat aktif, antusias dan ikut berpartisipasi bernyanyi selama pelatihan berlangsung. Output dari kegiatan ini dapat tercapai secara maksimal yakni siswa dapat mengimplementasikan berbagai teknik vokal yang mampu meningkatkan keterampilan dalam bernyanyi pungkasnya, Yuni KDI 6 Dosen mata kuliah Vokal, Jurusan Seni Pertunjukan FSD UNM.

Selfiana Saenal menuturkan bahwa materi yang dilatihkan berupa vocalizing, teknik pernafasan diafragma, teknik intonasi, teknik phrasering dan artikulasi, teknik dinamika dan teknik interpretasi lagu.

Harapan tim pengabdi setelah pelatihan ini dilaksanakan, siswa SMA Negeri 1 Majene dapat berprestasi di bidang seni vokal dalam bernyanyi, baik pada tingkat provinsi maupun nasional seperti FLS2N pada tangkai lomba vokal solo, maupun lomba-lomba nyanyi lainnya pada stasiun televisi nasional. Sebagai penutup kegiatan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar ini, tim pengabdi menyerahkan buku Vokal berteknologi QR-Code yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk berlatih secara mandiri mengasah lebih dalam bakat bernyanyi siswa SMA Negeri 1 Majene yang diserahkan oleh ketua tim pengabdi kepada Kepala Sekolah SMAN 1 Majene Bapak Muliadi S, S.Pd, M.Pd. (Tim Media Center FSD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *