Kegiatan Kesenirupaan oleh HIMASERA “The Art of Connecting We Are Connected”

FSD-Menjelang Berakhirnya kepengurusan lembaga kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa (HIMASERA) Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar periode 2018-2019, HIMASERA menggelar kegiatan kesenirupaan “The Art of Connecting We Are Connected” yang berlangsung mulai dari tanggal 24 s/d 26 Januari di BIKIN BIKIN CREATIVE HUB, NIPAH Mall Jl. Urip Sumoharjo Makassar. Selama tiga hari beberapa rangkaian acara dilaksanakan, yakni; Pameran Bersama “ART COLLABS”. Pameran seni rupa ini memamerkan berbagai karya lukisan, patung, dan desain yang melibatkan sejumlah 54 perupa, terdiri dari mahasiswa seni rupa FSD UNM dan mahasiswa dari seni rupa FKIP Unismuh, dosen aktif dan dosen Purnabakti Seni Rupa dan Desain FSD, serta sejumlah seniman kota Makassar turut terlibat. Pameran bersama “ART COLLABS” ini di kuratori oleh Pangeran Paita Yunus, Dosen Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Dalam catatan kuratorialnya Pangeran menyebutkan kegiatan ini adalah gerakan kesenian dalam upaya menyambung dan mempererat silahturahmi antara pelaku seni rupa Makassar sebagai peluang untuk bangkit dan menumbuhkan kesadaran berkesenian membangun wacana dalam memetakan seni rupa Sulawesi Selatan (Makassar) secara lebih utuh. Pameran dibuka pada hari Jumat siang, 24 Januari 2020, pukul 14.00 Wita yang kemudian dilanjutkan dengan “Bedah Karya”, dibawakan oleh Muhlis Lugis, akademisi, dosen FSD yang juga merupakan seniman aktif ditemani oleh Faisal Syarif, seniman Makassar. Bedah karya menampilkan karya salah satu peserta pameran yaitu karya lukisan dari Abd. Kahar Wahid, dosen purnabakti FSD yang sampai saat ini masih aktif melukis dan aktif mengikuti kegiatan pameran seni rupa.


Hari kedua, sabtu, 25 Januari 2020 dilanjutkan dengan Seminar Kewirausahaan dengan tema;
“Peluang & Tantangan Seni Rupa & Desain dalam Industri Kreatif di Era 4.0”. Menghadirkan Local Hero yang inspiratif sebagai narasumber, Irfan Kadir, Akademisi, Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual FSD UNM, yang aktif sebagai peneliti industri kreatif di Makassar. Jenry Pasassan, seniman dan wiraswasta seni yang memiliki workshop, studio Artisan, dan Kankan Iskandar seorang pengusaha sukses Makassar, Owner Dira Jaya, bergerak dibidang percetakan dan desain Grafis. Seminar kewirausahaan ini dimoderatori oleh Irfan Arifin, dosen FSD UNM.

Di hari ketiga, Minggu, 26 Januari 2020, sore harinya kegiatan ini ditutup dengan Talkshow “Pengalaman Mengolah Rasa” (Sens of Artist), dipandu oleh Muhammad Suyudi, menghadirkan alumni Seni Rupa FSD, perupa perempuan yang cukup aktif berpameran, Marledy Kadang.
Selama tiga hari kegiatan berjalan dengan lancar dan dipenuhi antusias pengunjung dan peserta. Kegiatan kesenirupaan ini diharapkan menjadi kegiatan inspiratif dimana peserta, pengunjung, pengisi acara, perupa, dan penyelanggara bisa saling belajar, berkarya dan membangun jejaring, The Art of Connecting We Are Connected.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *